Tukang sapu jalan tol


Pernah lewat jalan tol ? Pasti pernah dong.

Coba deh sesekali lihat ke pinggir jalan atau pembatas tengah jalan tol , kadang – kadang kita bisa lihat beberapa orang berpakaian oranye tengah membersihkan rumput , memotong ranting pohon , menyapu dan aktifitas lainnya. Pekerjaan yang sebenarnya biasa saja sih , tetapi yang menjadi luar biasa adalah lokasinya : DITENGAH JALAN TOL !

Wuidiiih, kadang saya ngeri melihat mereka. Pekerjaan ringan tetapi berisiko tinggo, coba bayangkan di area yang selebar gak lebih dari dua langkah itulah batas aman mereka , bagaimana kalau ada mobil nyelonong, bagaimana kalau ada supir ngantuk , bagaimana kalau , bagaimana kalau,,,, Ahhhh! saya ngeri membayangkannya.

Hidup terlampau mahal memang , sehingga ada orang – orang yang rela menerima pekerjaan dengan resiko tinggi seperti itu demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Saya kok memikirkan hal lain yah, instansinya terutama. Apakah instansi yang memperkerjakan mereka memberikan perlindungan asuransi ? jaminan kesehatan kalau ternyata terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Dan bukan sekedar memberi upah kecil, cukup. Lainnya seolah diabaikan. Padahal mereka juga punya hak untuk hidup kan yaah ?

Saya sih tidak terlalu tahu bagaimana mekanisme pengupahan mereka , yah mudah – mudahan sih apa yang jadi pertanyaan saya diatas sudah dipenuhi oleh instansi tersebut.

Juga oleh instansi lain yang memberi pekerjaan yang sangat berisiko, pekerjaan yang terlihat sepele tapi kalau mereka tidak ada kita yang kerepotan.

2 thoughts on “Tukang sapu jalan tol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s