Munggahan


Sore hari pukul 5.30

Si ibu sibuk membuat rencana untuk makan sahur pertama, kira-kira apa yang enak untuk di jadikan menu di subuh itu ya. Yang serba hangat, enak dan bisa membuat semangat puasa bagi keluarganya. Ia mengecek kulkas dan lemari persediaan, sekiranya adakah yang harus di buatkan stock untuk sebulan.

Sementara si ayah, dengan seriusnya menonton televisi menunggu kepastian pengumuman pemerintah tentang penetapan hari 1 Ramadhan, di kamar tidur baju koko berwarna krem sudah disiapkan ibu untuk tarawih nanti.

Di kamarnya, si kakak malah asyik dengan ponselnya. Ahhh, ia sedang sibuk. Sibuk mereply twit para sahabat, teman kantor maupun teman sosial medianya, sesekali ia melihat agenda adakah yang tanggal yang masih kosong untuk memenuhi ajakan buka bersama dan sahur on the road itu. Si kakak memang super sibuk dengan teman-temannya yang banyak itu. Ia kemudian menulis sebuah status : Sabtu-Minggu lebih indah berbuka bersama keluarga.

Lain lagi dengan si adik. Kemarin guru agama sudah membagikan buku aktivitas selama bulan ramadhan, salah satunya mencatat ceramah selama berlangsungnya tarawih. Tadi siang ia sudah berkolaborasi dengan beberapa teman se-gengnya, mencatat ceramah ramadhan dari kolom di sebuah koran agar rencana bermain petasan di halaman masjid tidak terganggu.

Si bungsu lebih sibuk lagi. Ia memamerkan mukena barunya yang berwarna pink itu kepada teman-temannya untuk shalat tarawih dengan ibu nanti malam. Cilla sahabatnya juga memiliki mukena bewarna pink dengan gambar kartun di bagian bawah. Keduanya berjanji untuk selalu shalat tarawih bersama.

Adzan sudah berkumandang. Keputusan pemerintah sudah keluar. Bapak-bapak di sekitar masjid juga sudah mulai membuat persiapan shalat tarawih pertama. Ibu mengajak anak-anaknya berkumpul di ruang tengah.

Mereka shalat magrib berjamaah. Mengucapkan syukur alhamdulilah, karena di pertemukan lagi dengan Ramadhan bersama keluarga yang utuh.

Alhamdulilah. Marhaban yaa Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s