Ada Miris ada juga Berkah di Ramadhan ini


Akhir Ramadhan penuh berkah bagi sebagian orang, misalnya tukang cukur.

Dalam perjalanan menuju tempat kerja, kalau shif malam biasanya sayah menumpang motor untuk menghemat waktu. Dalam perjalanan lumayan jauh itu, sayah melewati setidaknya sepuluh masjid.
Entah sayah memang terlalu iseng ‘merhatiin’ atau sayah memang ndak tau, rasanya kok miris yah, ramadhan ini sejak awal , dari kesepuluh mesjid itu di jam tarawih kok ya jamaahnya gak sebanyak waktu jaman sayah masih sekolah. Jamaahnya bisa bluber sampe luar halaman.

Memang sih, udah termasuk biasa di sepuluh hari pertama masjid penuh di sepuluh hari terakhir masjid kosong, bahkan kemarin tuh, sempet sayah lihat di salah satu masjid di sekitaran bekasi, cuma dua shaf doang jamaah laki-lakinya..ckckckckc.

Etapiiiiii..begitu sayah melewati pasar, mau yang pasar pinggir jalan, pasar malem, atau pasar modern..ajegile..penuhnya. Motor sampai susah payah melewati kerumunan supaya bisa lewat.

Jadi sekarang tarawihnya pindah yah,,

Di lain hal sayah juga merasa sedikit terkesah tentang “Berkah Ramadhan”. Sayah rasa yang paling merasa berkah di akhir ramadhan ini adalah Tukang cukur. Iya, sepanjang jalan itu sayah lihat gak ada tukang cukur yang gak sepi, mungkin itulah berkah mereka ya, di kala hari raya mulai mendekat dan semua orang ingin berpenampilan terbaik, disitulah rejeki si tukang cukur datang.

Selain itu tukang jait juga, jelang hari raya begini kalau mau order jahitan sudah pasti di tolak karena banyak yang sudah memesan jauh-jauh hari sebelumnya.

Ahh, Tuhan maha adil. Memang.

One thought on “Ada Miris ada juga Berkah di Ramadhan ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s