My facebook, my account, my rule


Okey. Pertama, siapa yang gak kenalsitus jejaring ini ? walau sekarang sebagian besar sudah beralih ke twitter dalam hal menghabiskan waktu, dan memilih situs ini sebagai sampingan saja ( sayah misalnya )…tapi pada jamannya situs ini femes bukan kepalang.Gak ada orang dari kelas atasbahkan sampai kelas bawah yang gak punya akun disini, apalagi sejak nomor ponsel bisa di pakai sebagai alamat akun. Wuiiiihh..semakin menggila.

Sayah sendiri sudah memiliki akun ini sejak 2005. Sejak itu mulai punya banyak teman ( seperti pada tujuan awalnya) , mulai sering komunikasi dengan banyak orang walau di dunia nyata mungkin kita gak saling menegur satu sama lain meski berada di halte yang sama.

Dari sini juga sayah bertemu teman-teman yang awet sampai sekarang, grup girlie 4L yang lahir dari sebuah majalah wanita, M8 grup teman-teman sekampus yang lumayan bisa tukeran info UTS dan jawabannya..hihihihih.. ataupun teman-teman dari hobi dan minat yang sama, Antologi orange, tempat ketemunya sayah dengan para penulis keren sejagat Indonesia.

Tapiiiiiiiiiiiiiiiii….

Bermain di ranah situs ini juga gak sembarang lho. Pernah denger khan banyak kasus di luaran yang di culik gara-gara kenal di facebook, diajak ketemu sama orang asing di facebook..uughh…beware friend. Atau kejadian, dipecat gara-gara menulis status tentang pekerjaan di situs ini, atau bahkan berantem dengan sahabat sendiri gara-gara salah menginterpretasikan sebuah status.

Semakin kesini sayah pun termasuk semakin jarang bermain di situs ini, kecuali share tulisan sayah, share info, check in foursquare atau status-status biasa. Sejak awal sayah sendiri punya aturan tentang siapa yang sayah add, apa yang boleh sayah tulis, siapa yang akan sayah blok seketika. Yaaahh, berhubungan banyak kejadian selisih paham dan sayah sendiri pernah kepleset didalamnya.

Siapa yang sayah add. Catet: sayah gak pernah nge-add..hihihihi!

Siapa yang sayah approve kalau ada friend request ?
1. Mutual friendnya sayah kenal baik
2. Gak comel di dunia maya
3. Teman kerja selektif

Yang pertama itu wajib buat sayah, mutual friendsnya yang sayah kenal baik bisa buat penilaian pertama sayah. Biasanya sih sayah gak pernah approve yang mutual friendsnya gak ada.

Kedua Gak comel di dunia Nyata. Saya selalu memilih teman yang bisa membedakan mana status untuk sekedar di baca, mana status untuk di perolok di dunia nyata ( pas ketemu misalnya). Kadang status yang tertulis itu sedikit berbumbu curcol, dan sayah gak pernah mau di bahas atau di perolok di dunia nyata. Untuk hal ini sayah pernah men-delet beberapa orang karena hal tersebut, buat sayah reader silent itu lebih baik. Dan sayah gak segan men-delet atau bahkan mem-blok orang yang sayah anggap gak bisa ikutin aturan sayah, terdengar arogan tapi yaah begitulah.

Ketiga teman kerja selektif. Ini WAJIB. sayah sangat sedikit dan selektif saat melihat friend request dari teman satu kerjaan. Jika ada orang yang bangga friendlistnya ribuan dan 90% teman kerja maka sayah lebih memilih di daftar friendlist sayah 20 orang ajah. kombinasi point kedua dan ketiga itu lebih perfek.

Bermain di sosial media facebook ini harus hati-hati, setelah banyak mengalami kejadian yang bikin selisih paham. Mungkin terdengar arogan tapi itulah salah satu cara kita membentengi diri kita bukan ? tetap pakai logika dan akal sehat juga laaahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s