The best exotic marigold hotel : kisah sedih di tengah reruntuhan sejarah


images22

Di tengah kegiatan nonton marathon DVD saya memilih sebuah film drama terbaik versi sayah berjudul THE BEST EXOTIC MARIGOLD HOTEL.

Terdapat para pensiunan inggris yang bertemu tidak sengaja saat akan menghabiskan masa tua di negera yang sangat jauh : INDIA karena berhasil di iming-imingi oleh promosi sebuah hotel bersejarah yang menawarkan keajaiban yang eksotis.

Kelima pensiunan dengan latar berbeda dan tekad yang berbeda mencoba beradaptasi dengan budaya baru di negeri gajah itu. Evelyn seorang wanita yang baru saja ditinggal mati suaminya, Graham yang ingin mencari sahabatnya yang hilang, suami istri Doug & Jean yang ingin menghabiskan dana pensiun mereka, Madge yang tak pernah berhenti mencari cinta baru meski usianya sudah tidak muda lagi, Norman si kakek yang masih bersemangat mengencani wanita muda, dan Madge wanita paruh baya yang harus datang ke India untuk operasi tulang, sementara di Inggris sana ia sangat membenci orang India.

Ternyata apa yang di lihat dari brosur promo sama sekali jauh dari bayangan mereka. Hotel yang mereka datangi adalah hotel kumuh, usang dan tak terawat walaupun dulu pernahjaya dan kini di kelola oleh Sunny ( diperankan oleh Dev patel) seorang pemuda yang yakin ia bisa mengembalikan kejayaan hotel ini.

Karena sudah menghabiskan biaya dan jarak yang jauh akhirnya para pensiunan itu tetap tinggal di hotel tersebut dengan terpaksa. Adaptasi budaya yang sama sekali baru bagi kelimanya, lambat laun mulai bisa menyesuaikan meski pun Madge dan Jean tetap bertahan dengan gaya aristokratnya.

Drama pun dimulai dengan kisah masing-masing selama berada di hotel. Evelyn akhirnya bisa bekerja harian sebagai tutor komunikasi, Madge yang tidak berhenti mencari single kayaraya, Doug yang menjelajahi kebudayaan setempat dan Graham yang setiap hari pergi ke tenpat yang sama demi mencari informasi.

Hubungan kelima pensiunan itupun lambat laun semakin akrab, hingga akhirnya Evelyn mengetahui kalau Graham mencari sahabatnya beberapa puluh tahun yang lalu. Graham yang gay merasa sangat bersalah telah menjerumuskan sahabatnya dan ingin meminta maaf.

Graham akhirnya menemukan sahabatnya tersebut yang ternyata telah menikah, Norman yang akhirnya menemukan wanita yang disukainya, Madge yang membuka diri terhadap orang India setelah melihat kebaikan seorang pelayan.

Akhir cerita setelah pertemuan Graham pun pulang ke hotel yang bercerita sedikit pada norman tentang pertemuannya dengan Manoj. Ia merasa puas dan bahagia karena impiannya sudah tercapai. Di tengah halaman yang luas dan angin sepoi-sepoi akhirnya Graham pun meninggal dan Evelyn menemukannya.

Evelyn menuliskan semua pengalamannya ke dalam blog pribadinya, tentang kegiatannya hingga kisah yang terdalamnya bahkan ia menemukan lagi cinta dari mantan suaminya, Doug.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s