Anak kecil kok bikin rencana belanja ?


images

Selamat pagi kedua september..

Pasca lebaran kemarin yang isi dompetnya terkuras habis, angkat tangaaaan !

*Gue paling duluan*

:))

Rasanya sih wajar aja yah, beberapa pendapat bilang itu karena ketidakmampuan kita mengatur perencanaan keuangan. Hmmm..padahal sih namanya pra lebaran sampai pasca lebaran keuangan akan di bombardir abis-abisan yah:-P

Nah..ceritanya saat libur kemarin sayah menonton tayangan yang cukup mendidik dan jadi sedikit “menyimpan bekal buat anak nanti”.
Jadi ceritanya di salah satu stasiun TV swasta ada sebuah tayangan dimana, sebuah sekolah dasar swasta ternama yang dikenal sebagai sekolahnya anak-anak orang kaya mengadakan sebuah workshop perencanaan keuangan..

Perencanaan keuangan, sebuah hal yang yang gak pernah terpikirkan kala sayah berada di kelas empat SD tentunya.
😛
Nah, di acara workshop itu anak-anak yang duduk di bangku SD di beri pemahaman bagaimana mengelola kebutuhan, merencanakan belanja sehari-hari, sampai rencana membeli sesuatu berdasarkan prioritas. Semua terlihat antusias mengikuti, kata mentornya hal ini untuk melatih anak-anak tersebut agar tidak boros..

Yang menarik dari sang kepala sekolah mengatakan tujuan diadakan workshop ini untuk melatih anak-anak belajar menabung dari sejak dini. Karena secara keuangan mereka tidak mengalami masalah dan ada di level keluarga berada jadi ketika mereka menginginkan sesuatu, mereka tidak mengalami kesulitan untuk membelinya namun hal ini cenderung membuat mereka boros dan mengesampingkan pentingnya menabung. Maka di buatlah program ini, agar mereka membuat perencanaan keuangan dan daftar kebutuhan prioritas agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif.

:\m/

Buat sayah ini menarik loh. Iya. Secara yah anak-anak sekarang cenderung konsumtif dan di manja sama ortunya dengan memenuhi apa yang mereka mau padahal belum saatnya.
Contoh ponakan sayah sendiri, anak kelas dua SD sudah minta Ipad buat maen game karena di sekolahnya banyak teman-temannya yang membawa benda serupa. Belum lagi kalau kita lihat di mal-mal anak-anak kecil yang lebih asyik dengan game di Ipadnya dari pada bermain sama teman seumurannya.

Duh! Kok miris.
Di jaman sayah umur segitu justru lagi asyik-asyiknya maen di kali, maen congklak, maen bola bekel..hahahahaha..yah beda generasi juga sih ya. Karena sayah sendiri bukan dari keluarga berada sejak kecil, malah cenderung keluarga susah jadi sangat menghargai banget uang. Sedari kecil udah terbiasa untuk gak minta yang besar-besar apalagi yang bisa bikin ortu pusing. Lhaaa, bayaran sekolah aja udah lumayan bikin pusing.

Makanya sayah gak punya loh boneka barbie waktu kecil 😀

Nah, acara di TV swasta itu jadi semacam pengingat buat sayah. Mungkin saat ini sayah sudah gak mengalami hal itu setelah mampu membiayai diri sendiri dan keluarga naik kelas, tapi semacam warning aja kalau nanti sayah memiliki bocil-bocil di belakang, program perencanaan keuangan itu harus di terapkan supaya mereka mengerti bahwa mencari uang itu tak semudah menghabiskannya.

Karena semuanya memang harus di awali dari pelajaran di dalam rumah bukan ?!

Adiios!

money kid

One thought on “Anak kecil kok bikin rencana belanja ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s