selamat datang di Zona nyaman


Zona Nyaman. Siapa sih yang gak kenal kalimat itu. Khususnya dalam pekerjaan, Zona nyaman itu bikin kita merasa aman, nyaman, tentram dan bla..bla…bla…dan itu juga berlaku di lingkungan yah.

source : google

source : google

Ngomongin masalah pekerjaan ya setiap orang pastinya niat nyari terbaik, yang bikin kita nyaman berada di dalamnya, nyaman dalam arti materi dan immateri.
Suatu hari sayah pernah bicara dengan seorang “kawan lama” tentang sikapnya yang gak betah di satu perusahaan. Sayah punya beberapa teman yang memiliki sikap begini, hobi jadi kutu loncat. Sewaktu sayah tanya, kenapa suka sekali berpindah-pindah kerja, jawabannya simple, “karena mencari yang terbaik.”
Well..padahal perusahaan yang pernah di tinggalin itu rata-rata perusahaan yang dalam skala perusahaan baik.

Ada lagi teman yang memutuskan resign dari tempat kerjanya sebuah perusahaan korea terbesar, dengan alasan, “sudah Gak nyaman”. Well..alasan yang terlalu simple buat sayah.

Terus sayah ?

Sayah sebaliknya, kemarin sayah mendapat tawaran kerja daris eorang teman yang kebetulan adalah manager HR, beliau memberitahu spesifikasi pekerjaan, gaji, dan lainnya.

Setelah ditimbang kesana-kesini, berat ringannya. Sayah merasa ragu.
Kenapa ? karena sayah sudah berada di zona nyaman. Nyaman dalam arti finansial, nyaman dalam arti bidang pekerjaan yang di geluti (walaupun sangat jaaaaaaaaaaaaauuuuuhh berbeda dengan ilmu di kampus ), nyaman dengan pekerjaan yang bisa di bilang terlalu mudah, walaupun kenyamanan yang didapat berbanding lurus dengan pengorbanan yang harus di dapat, menjalani begadang saat night shift, lokasi kerja yang panas dan berdebu.

Lalu apa yang sudah sayah capai ? kemapanan ekonomi, pemenuhan kebutuhan primer, sekunder dan tersier. *kata bahasanya Vicky*

Mungkin untuk beberapa orang berada di zona nyaman itu gak bagus, malah sayah sendiri pernah di ceramahi dan di sebut oleh simbah, “orang yang takut dengan perubahan,”

Well..perubahan emang perlu tapi kalau perubahan itu pada akhirnya menganggu keamanan finansial sebaiknya sih pending dulu perubahannya. Bukan berarti gak bisa, hanya tertunda.

Atas nama pembelaan diri, gak ada salahnya kok berada di Zona nyaman namun tetap mempersiapkan diri untuk mengalami perubahan.

Akan ada waktunya.

Cao…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s