47 RONIN : Samurai rasa amerika


RONIN

Di penutup tahun 2014 gue memilih nonton 47 RONIN. Karena faktor Keanu Reevesnya. Iya sih. 😛

Ini sinopsis singkatnya :
Kai adalah pria jepang campuran inggris yg di temukan oleh sekumpulan samurai setelah lari dari hutan Tengu. Karena telah di tolong, Kai berjanji untuk mengabdi pada Lord Asano seorang samurai sejati. Meski ia di pandang sebelah mata oleh samurai lainnya,termasuk oleh Oishii sang ketua samurai.
Beranjak dewasa, Kai mencintai Mika Asano putri dari majikannya. Karena kelicikan Kira yang ingin menguasai wilayah Ako, dibantu oleh penyihir Mizuki. Pada saat kedatangan pemimpin Shogun, Kira membuat kecurangan dan menjatuhkan harga diri Asano di depan pemimpin Shogun.Karena rasa malu teramat dalam, Asano pun diminta melakukan Seppuku bunuh diri dengan terhormat di hadapan semua orang. Dan para samurai lainnya diminta berjanji untuk tidak melakukan balas dendam.

Oishii pimpinan yang di buang selama setahun akhirnya mengumpulkan bawahannya untuk membalas dendam dan menjaga nama baik Asano meski hal itu melanggar sumpahnya. Ia mencari Kai yang sudah di jual sebagai budak belanda dan bawahannya yang juga menyebar ke berbagai penjuru. Meski banyak yang meragukan kehadiran Kai. Melewati berbagai ujian di hutan Tengu, di jebak oleh Mizuki sampai akhirnya berhasil membunuh Kira.
Endingnya, para 47 Ronin usai melakukan balas dendam, menyerahkan diri kepada Shogun dan melakukan Seppuku untuk memulihkan nama baik.

Itulah sinopsis singkatnya. Well, film ini memang bagus sih secra keseluruhan, baik efek, cerita maupun karakternya. Oishiii bermain sempurna dan menguasai layar 😛 malah menurut gue Keanu Reeves seperti bintang tamu saja. Karena ini film legenda yah basic storynya sih gak lepas, paling tokoh KAI aja yang di masukin biar ada rasa Amerika.

Gue suka film ini, gue suka karakter kuat-nya Oishii. Tapi ya tapi…ada dadegan yang janggal sih menurut gue. Ketika rombongan Ronin berkuda, yang di tampilkan tuh padang rumput luas, tebing curam menghadap laut gue berasa nonton iklan malboro dan filmnya Lord of the ring 😀

Tapi dari film ini juga kita bisa belajar tentang prinsip hidup samurai yang di jalani dengan sangat teguh, “Mengabdi sampai mati” pada tuannya, menjungjung tinggi rasa malu (seperti ciri khas orang jepang) dan kehormatan.
Ending manisnya yaah, soal percintaan Kai dan Mika, apalagi saat Kai harus menjalani Seppuku.

Notes tembahan :

Seppuku (切腹?, arti harfiah: “potong perut”) adalah suatu bentuk ritual bunuh diri yang dilakukan oleh samurai di Jepang dengan cara merobek perut dan mengeluarkan usus untuk memulihkan nama baik setelah kegagalan saat melaksanakan tugas dan/atau kesalahan untuk kepentingan rakyat. Seppuku dulu hanya dilakukan oleh samurai.
Seppuku adalah bagian dari kode kehormatan bushido, dan dilakukan secara sukarela oleh samurai yang menginginkan mati terhormat daripada tertangkap musuh (dan disiksa), atau sebagai bentuk hukuman mati untuk samurai yang telah melakukan pelanggaran serius, atau dilakukan berdasarkan perbuatan lain yang memalukan. Ritual memotong perut pada seppuku dilakukan di hadapan para saksi mata, samurai menusukkan sebuah pedang pendek, biasanya sebuah tantō ke arah perut, dan menggunakan pedang pendek tersebut untuk melakukan gerakan mengiris perut dari arah kiri ke kanan

  • .http://id.wikipedia.org/wiki/Seppuku
  • Ronin (浪人 rōnin?) atau rōshi adalah sebutan untuk samurai yang kehilangan atau terpisah dari tuannya di zaman feodal Jepang (1185-1868). Samurai menjadi kehilangan tuannya akibat hak atas wilayah kekuasaan sang tuan dicabut oleh pemerintah. Samurai yang tidak lagi memiliki tuan tidak bisa lagi disebut sebagai samurai, karena samurai adalah “pelayan” bagi sang tuan.

    Dalam budaya populer, ronin didramatisasi sebagai samurai tak bertuan, hidup tak terikat pada tuan atau daimyo dan mengabdikan hidup dengan mengembara mencari jalan samurai yang sejati.

    Di zaman Jepang kuno, ronin berarti orang yang terdaftar (memiliki koseki) sebagai penduduk di suatu tempat, tapi hidup mengembara di wilayah lain sehingga dikenal juga dengan sebutan furō (pengembara).

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Ronin
  • One thought on “47 RONIN : Samurai rasa amerika

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s