Review : PeeKay – Bagaimana Menemukan Tuhan


source : google

source : google

Kalau diawal tahun lalu gue memulai dengan film hindi amir khan berjudul DHOMM3 dan gue dibikin terpesona sam aktingnya. Di akhir tahun yang sama gue mengakhirinya dengan film PeeKay dari aktor yang sama.

Film berlatar sci-fi ini tentang seorang makhluk dari luar angkasa yang tiba di Bumi dalam bentuk manusia, namun karena keserakahan seorang manusia yang mencuri “alat untuk kembali pulang” membuatnya harus berurusan dengan banyak orang dan juga sentimen agama.

Peekay (mungkin arti harafiahnya adalah, pemabuk) yang nampak seperti orang terbelakang mental namun dengan pemikiran luas dan tak pernah di jangkau oleh banyak orang. Ia berusaha mencari Tuhan, bentuknya, karunianya, dan yang ia temui pada kenyataannya banyak sekali bentuk Tuhan dan cara menemuinya ( sesuai dengan adat, budaya dan kultur masyarakat India tentunya)

Hingga ia dihadapkan pada seorang pemuka agama yang menjual ke-Tuhan-an melalui ceramah dan tipuan batu yang sebenarnya adalah milik Peekay. Peekay yang berhati polos membantah semua teori pemuka tersebut dengan cara yang unik. Dengan lugu ia menjelaskan bahwa Tuhan memiliki Manajer di dunia namun kadangkala manajer tersebut salah menafsirkan perintahnya dan justru membuat pertikaian di antara manusia. PeeKay mengemukakan teori Wrong Number dalam masalah tersebut.

PK2

Hingga kepolosan dan kejujurannya mengantarkannya pada JAGGU, perempuan metropolis yang kehidupan cintanya terganggu karena perbedaan kultur, agama dan sentimen budaya antara India – Pakistan

Dibantu Jaggu, Peekay berupaya mendapatkan kembali batu sebagai alatnya untuk pulang. Meski banyak tentangan dan keraguan yang muncul namun keduanya berhasil. Cinta Jaggu kembali hadir dan mematahkan kebekuan antara orangtuanya. Teori Peekay juga berhasil mematahkan tradisi dan cara pandang masyarakat dalam mengenali Tuhannya.

PK3

Kata gue :

Inilah film penutup 2014 paling keren. Akting Aamir Khan nomer wahid. Jalan cerita yang cerdas dan karakter pendukung yang pas.

Gue suka karena Aamir khan karena pandai dalam memainkan ekspresi, lo gak akan bisa menaikkan alis yang sama rata dalam satu jam kan :-D. semakin tua semakin jadi nih pria seksi. Belum lagi ketambah Anuksha Sharma yang charming, plus Sanjay dutt. Kehadirannya Semacam mengobati kangen sama aktor 90an ini πŸ™‚

Cara penulisnya menyentil kehidupan beragama di India memang kerasa pas banget. Seperti yang kita tahu, film ini membuka mata orang awam dengan beragamnya keyakinan masyarakat dan juga masih adanya intrik yang terjadi diantara muslim-Hindu. Persoalan klasik India-pakistan juga dibawa disini dengan cara yang halus, dan toh semua orang menginginkan adanya cinta damai diantara keduanya bukan πŸ™‚

Buat yang udah pernah nonton OH MY GOD (Akhsay kumar – paresh rawal) ini film memiliki jalan cerita yang serupa, intrik yang sama, permasalahan masyarakat yang sama, dan kritik yang disampaikan pun sama : AGAMA. Tetapi dengan eksekusi dan inti karakter yang jelas berbeda.

Bagaimanpun PK dan OH MY GOD sama-sama keren, film yang berbeda daripada film hindi pada umumnya (walaupun nyanyian dan trian tetep ada, πŸ™‚ )

Two Thumbs up!

Advertisements

11 thoughts on “Review : PeeKay – Bagaimana Menemukan Tuhan

  1. danusmart47 says:

    wow… Review filmnya bagus…. Aku udah suka sama aamir khan sejak nonton film 3 idots.. aktingnya bagus banget…aku juga udah nonton film ini 2x di bioskop… filmnya aamir emang berkualitas semua dengan makna yg sangat baik.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s